Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacet Cianjur


SEJARAH
Bermula dari PGAPN 4 tahun (Pendidikan Guru Agama Pertama) pada tahun 1958 yang didirikan oleh Departemen Agama sebagai sekolah dinas, yang lulusannya diharapkan menjadi guru-guru Agama di SD/Ibtidaiyah,kemudian berkembang menjadi TRAINING CENTER GURU MADRASAH WAJIB BELAJAR (TC GMWB) Pacet pada tahun 1961 sebagai gagasan wajib belajar yang dicetuskan oleh pakar pendidikan pada saat itu, yang ditindaklanjuti oleh DEPAG denganprogram penugasan belajar bagi siswa lulusan terbaik PGAN 6 tahun dari seluruh Indonesia, belajar selama 2 tahun di TC GMWB Pacet. Materi pelajaran meliputi Agama Islam dan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Inggris, termasuk Keterampilan Bercocok tanam, Beternak, Perikanan, dll Setelah mereka selesai dari TC, kemudian dikembalikan ke kampung halamannya masing-masing. Dengan harapan, mereka dapat mengabdikan diri di masyarakat sesuai dengan bekal ilmu yang telah diperolehnya.

* Pada tahun 1966 TC GMWB Pacet dikembangkan menjadi IAIN Jurusan Kemasyarakatan Fakultas Tarbiyah Syarif Hidayatullah Jakarta di Pacet, dengan ketua jurusannya Dr. Mastuhu alumnus Universitas Gajah Mada. Lama pendidikan 4 tahun, 3 tahun kuliah dan 1 tahun menyelesaikan skripsi. IAIN ini berakhir pada tahun 1978, yang kemudian dipindahkan ke Jakarta dan Bandung. Tahun 1970 didirikan pula Sekolah Persiapan IAIN Syarif Hidayatullah Pacet dengan tujuan agar memudahkan calon mahasiswa memasuki IAIN yang sudah lebih dahulu didirikan di komplek itu. Lama pendidikan di SP IAIN selama 3 tahun dengan status Sekolah Negeri.


* Berdasarkan SK 3 Menteri (Dikbud, Depag dan Dalam Negeri), lulusan SP IAIN dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, asal jurusannya sesuai. Kurikulum yang dipergunakan adalah paduan antara kurikulum Aliyah dan SMA. Dalam perkembangan selanjutnya SP IAIN kurang dapat diharapkan bersaing dengan sekolah-sekolah umum lainnya. Oleh karena itu disesuaikanlah dengan situasi yang terjadi saat itu dengan merubahnya menjadi MADRASAH ALIYAH NEGERI Pacet pada tahun 1980. Lama pendidikan 3 tahun. Kurikulum yang dipakai mengalami beberapa kali perubahan : Kurikulum DEPAG bobot materi 60 % Agama dan 40 % Umum. Kurikulum SK. 3 Menteri (Jurusan Agama, IPA dan Sosial) Kurikulum SK. 3 Menteri yang disejajarkan dengan kurikulum SMA Dikbud (Jurusan Biologi,Fisika, Sosial dan Agama) Kurikulum SK. 3 Menteri yang disempurnakan, setara dengan SMU Ditambah muatan lokal dalam bidang Studi Agama dan Bahasa Arab, dengan jurusan IPA, IPS dan Bahasa. MAN PACET terus berkembang, hingga pada tahun 2000, mendapat kehormatan menjadi MAN dengan tambahan program Keterampilan, merupakan bantuan dari IDB – LOAN yang dikelola tersendiri namun terpadu. Program ini termasuk program khusus yang diselenggarakan sore hari. Jenis keterampilan yang diberikan yaitu Elektronika, Tata Busana, Penanganan dan Pengolahan Hasil Pertanian (P2HP). Kini 2004 MAN PACET selangkah lebih maju dengan segudang prestasi ekstra kurikuler yang pernah diraihnya (PASKIBRA, PRAMUKA, PMR, DRUMBAND DAN SANGGAR SENI)

Dramben, salah satu kegiatan di MAN Pacet Cianjur

Visi & Misi

V I S I :
"Terwujudnya MADRASAH sebagai lembaga Pendidikan yang menjadi panutan masyarakat untuk melahirkan sumberdaya insani yang imani, islami, dan ihsani. Serta menjadi lembaga pendidikan pavorit di kabupaten Cianjur"


M I S I :
Terbentuknya MADRASAH yang islami berdaya guna dan berhasil guna dengan mengintegrasikan aspek pembelajaran, pengalaman, dan Pengamalan serta penterapan nilai dan norma akhlak mulia.

Lihat lebih banyak...

Diposkan olehFarid Qomaruddin di 04.55  

0 komentar:

Poskan Komentar